Selain Mengonsumsi Galvus, Lakukan Ini Untuk Menurunkan Kadar Gula

Selain Mengonsumsi Galvus, Lakukan Ini Untuk Menurunkan Kadar Gula

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita sehingga kampanye mengenai pencegahan diabetes semakin sering dilakukan. Mengonsumsi obat merupakan salah satu cara menurunkan gula darah. Galvus bisa menjadi salah satu pilihan untuk menurunkan dan mengontrol gula darah.

Selain mengonsumsi obat – obatan seperti Galvus, Anda bisa menjaga pola makan dan menjalani pola hidup sehat. Olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang bisa menjadi cara alami untuk menurunkan dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menurunkan kadar gula darah tubuh, entah dengan mengonsumsi obat – obatan atau pun melakukan cara alami sesuai dengan anjuran dan saran dari dokter. 

  1. Rutin memantau kadar gula darah

Kadar gula yang tidak di atas 200 mg/dL sebetulnya tidak menimbulkan gejala lainnya dan masih dalam batas aman. Meski begitu, Anda bisa memantau beberapa kali dalam satu hari untuk memastikan kadar gula dalam tubuh tidak tinggi. Hal ini tentunya efektif untuk menurun gula darah, sehingga ketika diketahui sudah mulai tinggi Anda bisa segera memperbaikinya dengan perlahan menurunkannya.

  1. Cukupi kebutuhan cairan

Salah satu cara paling sederhana dalam menurunkan gula darah adalah mencukupi kebutuhan harian carian dalam tubuh. Hal ini karena dengan mengonsumsi air yang cukup dapat membantu kerja ginjal dalam membuang kelebihan gula. Tidak hanya itu, air juga membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko terkena diabetes. 

  1. Perbanyak makan serat

Selain mencukupi cairan, Anda juga perlu menambah asupan serat untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Cara ini dilakukan karena serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur, buah, kacang – kacangan dan gandum merupakan makanan tinggi serat yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Olahraga teratur

Olahraga dengan teratur pun bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan gula darah. Selain itu, usaha untuk menurunkan berat badan ideal menjadi lebih tercapai dan hal ini sangat baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, olahraga rutin juga dapat meningkatkan hormon insulin. Bersepeda, lari, jalan, angkat beban sampai berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan dan mengontrol gula darah dalam tubuh.

  1. Batasi makanan karbohidrat

Kadar gula akan meningkat jika mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Hal ini karena karbohidrat dapat terpecah menjadi gula kemudian insulin akan membawanya ke dalam sel. Anda bisa mengurangi karbohidrat atau menggantinya dengan sumber karbohidrat lain seperti nasi merah atau roti gandum. Anda juga bisa mengurangi konsumsi cemilan yang terbuat dari tepung atau mengonsumsi gorengan secara berlebih.

  1. Konsumsi cuka apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan termasuk dalam membantu menurunkan gula darah dalam tubuh. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air putih atau pun menjadikannya sebagai saus salad untuk mengonsumsi cuka apel. 

  1. Konsumsi ekstrak kayu manis

Selain mengonsumsi cuka apel, ekstrak kayu manis juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin Anda dengan cara menurunkan resistensi insulin di tingkal sel. Hal ini terbukti dengan penelitian yang telah dilakukan bahwa mengonsumsi ekstrak kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah hingga 29%.

Beberapa cara di atas dapat Anda lakukan untuk menurunkan gula darah dalam tubuh secara alami selain mengonsumsi obat – obatan seperti Galvus. Meski begitu, sebaiknya sebelum melakukan hal di atas, sudah Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Begitu pun jika Anda memilih ingin mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Leave a Reply