Selain Konsumsi Vitamin Nafsu Makan, Coba 5 Tips Ini untuk Kembalikan Selera Makan

Selain Konsumsi Vitamin Nafsu Makan, Coba 5 Tips Ini untuk Kembalikan Selera Makan

Ada banyak penyebab hilangnya nafsu makan seseorang. Salah satu yang sering jadi pilihan untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi vitamin nafsu makan

Hilangnya nafsu makan yang terjadi dalam beberapa waktu tentu perlu diwaspadai. Selain bisa membuat tubuh kehilangan berat badan, tubuh juga jadi tidak fit. Bahkan, hilangnya nafsu makan bisa jadi karena adanya penyakit.

Pentingkah Konsumsi Vitamin Nafsu Makan?

Mungkin bagi sebagian orang, naiknya nafsu makan perlu dihindari karena takut berat badan jadi bertambah, Padahal, untuk beberapa kondisi, penting sekali untuk menambah nafsu makan. Hal ini bisa dilakukan dengan konsumsi suplemen atau vitamin nafsu makan, seperti:

  • Zinc

Kekurangan seng atau zinc akan membuat seseorang juga kehilangan nafsu makan. Zinc membuat kekebalan tubuh seseorang jadi menurun drastis.

Kurangnya zinc bisa membuat seseorang mengenali rasa dengan cara yang berbeda, rambut rontok, dan lambat saat penyembuhan dari penyakit. Untuk menaikkan nafsu makan, maka penting untuk mencukupi kebutuhan zinc tubuh.

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 juga penting untuk meningkatkan nafsu makan. Asam lemak ini berasal dari laut atau minyak ikan berlemak, seperti ikan almon yang menjadi sumber terbaik senyawa ini.

Bagi para vegetarian, bisa mengganti asam lemak omega-3 yang bersumber dari ikan dengan alga.

  • Vitamin B1

Vitamin B1 atau nama lainnya adalah tiamin. Tubuh yang kekurangan vitamin B1, maka seseorang akan kehilangan nafsu makan, linglung, turun berat badan, dan mengalami gejala neurologis lainnya.

Sehingga sangat logis untuk menambah nafsu makan dengan mencukupi kebutuhan vitamin B1 atau tiamin dalam tubuh. Bisa dengan konsumsi makanan atau suplemen dari dokter yang mengandung vitamin B1.

Tips Menambah Nafsu Makan Selain Minum Vitamin

Selain mengonsumsi suplemen atau vitamin nafsu makan, ada pula berbagai tips lain yang bisa meningkatkan nafsu makan, yaitu:

  1. Makan lebih sering dan sedikit

Mungkin akan terasa sangat sulit menghabiskan makanan dengan porsi besar. Maka bisa diakali dengan makan sedikit namun sering. Porsi yang sedikit bisa memotivasi Anda untuk tetap makan. Mungkin dalam sehari bisa dibuat jadi 5-6 kali makan.

  1. Makan bersama

Makan sendiri mungkin tidak akan membangkitkan selera makan. Anda bisa mencoba makan bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Dengan melihat orang lain makan, bisa membuat nafsu makan Anda meningkat pula. 

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi

Saat nafsu makan sedang turun, Anda cenderung akan konsumsi kalori saja melalui camilan seperti kripik, permen, es krim, dan sebagainya. Perlu diingat bahwa makanan yang menggugah selera Anda ini tinggi kalori yang bisa membahayakan kesehatan.

Anda bisa mengubah menu makanan Anda menjadi lebih kaya nutrisi dan tetap lezat.

  1. Lebih sering berolahraga

Melakukan aktivitas fisik juga bisa menambah nafsu makan setelah tubuh membakar kalori. Sehingga untuk mengisi kembali kalori yang hilang, Anda perlu untuk makan. Hanya saja, hasilnya tentu tidak instan.

Nafsu makan akan meningkat beberapa hari setelah berolahraga, bukan persis setelah Anda berolahraga. Banyak bergerak juga bisa meningkatkan rasa lapar karena adanya peningkatan beberapa proses dalam tubuh.

  1. Konsumsi minuman bergizi

Jika Anda cukup sulit mengonsumsi makanan padat, pilihan lainnya bisa dengan minum minuman bergizi. Seperti misalnya smoothie, jus yang mengandung kalori, atau milkshake. Pastikan bahan yang Anda gunakan untuk membuat minuman kaya akan nutrisi, seperti sayur dan buah.

Setelah itu bisa menambahkan protein berupa yogurt atau susu dalam menu harian Anda. Bisa pula menambahkan bubuk protein untuk mendapatkan nutrisi ekstra.

Jika beberapa hal di atas sudah dicoba dan nafsu makan Anda masih belum kembali, mungkin perlu untuk mengonsumsi vitamin nafsu makan. Anda juga periksa ke dokter bila mengalami sakit atau kondisi tertentu yang menyebabkan nafsu makan menurun.

Leave a Reply