Selain Coldrexin, Ini Perawatan Lain Untuk Flu

Selain Coldrexin, Ini Perawatan Lain Untuk Flu

coldrexin

Penyakit flu, atau dikenal pula dengan sebutan influenza, disebabkan oleh sebuah virus. Beberapa jenis virus dapat menyebabkan flu dengan gejala dan tanda yang berbeda pada setiap orang. Meskipun tidak ada obat untuk flu, obat seperti coldrexin dapat membantu meringankan gejala yang diderita. Anda juga bisa mencoba perawatan alami untuk membantu meredakan gejala flu. Perawatan ini juga dapat memperpendek seberapa lama Anda menderita penyakit ini. Artikel ini akan membahas hal-hal yang berhubungan dengan perawatan alternatif flu. 

Minum banyak air

Selain menggunakan coldrexin, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan harian. Minum air dan cairan lain sangat penting terutama ketika Anda menderita flu, tidak peduli apakah Anda memiliki flu pernapasan ataupun flu perut. Ini disebabkan karena air dapat membantu menjaga hidung, mulut, dan tenggorokan tetap lembap. Dengan cara ini, air akan membantu tubuh dalam membersihkan lendir dan dahak yang mengganggu. Anda juga dapat menderita dehidrasi apabila Anda tidak minum dan makan dengan normal.

Diare dan demam (dua jenis gejala flu yang paling sering dijumpai) juga dapat membuat tubuh kehilangan banyak air. Anda dapat tetap terhidrasi dengan minum banyak air, air kelapa, minuman olahraga, teh rempah, jus segar, sup, kaldu, dan buah serta sayuran segar. Anda akan tahu bahwa Anda minum cukup air apabila Anda buang air kecil dengan rutin dan warna air seni hampir bening atau kuning pucat. Jika air seni Anda berwarna kuning keruh, hal ini menandakan Anda sedang dehidrasi. Sangat penting untuk menghindari merokok karena hal ini dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan paru-paru saat Anda sakit flu. 

Cukup istirahat

Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan istirahat dan cukup tidur saat menderita flu. Tidur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan virus flu. Tunda aktivitas yang menyibukkan saat sakit dan dapatkan cukup tidur untuk membantu Anda cepat pulih. 

Minum kaldu hangat

Minum kaldu ayam atau tulang sapi yang hangat dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Cara ini dapat membantu mengatasi hidung dan sinus yang tersumbat. Kaldu tulang secara alami mengandung banyak protein dan mineral seperti sodium dan potassium. Minum kaldu merupakan cara yang baik dalam mengganti nutrisi tersebut saat Anda menderita flu. Selain itu, protein sangat penting dalam membangun ulang sel-sel kekebalan tubuh. Anda bisa membuat kaldu dengan mudah, hanya cukup merebus ayam atau tulang sapi. 

Tingkatkan asupan zinc

Mineral zinc sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh membuat sel darah putih yang dapat melawan kuman. Penelitian menunjukkan bahwa zinc dapat membantu meredakan gejala demam dan flu. Zinc juga membantu tubuh melawan virus flu dan memperlambat seberapa cepat flu ini berkembang biak. Anda bisa minum suplemen zinc atau multivitamin yang mengandung zinc pada musim flu. Anda biasanya bisa mendapatkan banyak zinc dari diet harian yang seimbang. Makanan yang mengandung zinc di antaranya adalah daging merah, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian, susu, dan telur. 

Dalam banyak kasus flu, Anda tidak perlu mengunjungi dokter untuk kondisi ini. Coldrexin yang dibarengi dengan perawatan alternatif alami di atas dapat membantu mengurangi gejala penyakit. Anda juga perlu rutin mendapatkan vaksinasi flu dan minum banyak air dan istirahat. Jika flu tidak kunjung sembuh atau gejala bertambah lebih parah, hubungi dokter segera untuk mendapatkan pemeriksaan dan diagnosis serta rencana perawatan.

Leave a Reply