Resep Olahan Tahu yang Dijamin Lezat

Resep Olahan Tahu yang Dijamin Lezat

Tahu sudah menjadi makanan yang akrab di lidah masyarakat Indonesia. Berbagai resep olahan tahu khas Nusantara pun bisa ditemukan di berbagai provinsi. Apakah Anda termasuk orang yang menyukai makan tahu? 

Terbuat dari kedelai, tahu mengandung banyak manfaat mulai untuk tulang Anda sampai mencegah berbagai penyakit serius. Tahu sebenarnya bisa langsung dikonsumsi, namun tentu akan terasa lebih nikmat apabila dibuat menjadi resep olahan yang kaya bumbu dan bahan pelengkap. 

Resep olahan tahu yang sehat namun tetap terasa nikmat

Berikut ini adalah resep olahan tahu yang mudah dibuat, biayanya terjangkau, dan yang jelas rasanya dijamin lezat. Tidak percaya? Coba saja praktikkan resep-resep olahan tahu di bawah ini. 

Sapo Tahu 

Sulit menolak resep olahan tahu khas oriental ini. Soalnya, rasa sapo tahu benar-benar bisa membuat siapapun ketagihan, tidak terkecuali Anda. Yang Anda butuhkanhanya tahu China atau tofu yang diiris tipis kemudian digoreng, jamur, wortel, kembang kol, dan daun bawang. Sebagai pelengkap protein, Anda bisa memilih menambahkan irisan dada ayam ataupun seafood, seperti udang ataupun cumi. 

Nantinya bahan-bahan tersebut dimasak dalam tumisan bumbu yang terdiri atas bawang putih, kecap ikan, minyak wijen, kecap manis, lada, dan garam. Masukkan semua bahan ke dalam tumisan bumbu, kemudian tambahan 2—3 gelas air. Biarkan beberapa saat sampai air menyusut sebagian, lalu Anda hanya perlu menambahkan tepung sagu atau maizena agar kuah mengental dan siap disajikan. 

Pepes Tahu 

Ini dia resep olahan tahu khas Nusantara yang digemari segala kalangan usia. Resep olahan tahu ini pun dinilai sehat karena disajikan dengan cara direbus. Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuatnya adalah tahu besar yang dihaluskan, daun salam, daun sereh, daun jeruk, cabai rawit, santal kental, dan telur. 

Lalu untuk bumbunya, Anda memerlukan cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, merica, juga gula pasir. Tentu yang tidak boleh ketinggalan adalah daun pisang sebagai pembungkusnya.  Anda hanya perlu mencampurkan semua bahan dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Bagi dengan ukuran tertentu dan bungkus dengan daun pisang. Setelah itu, olahan tahu tinggal dikukus 30—40 menit sebelum bisa dinikmati bersama keluarga. 

Tahu Cabai Garam 

Tahu goreng memang tidak ada lawannya. Tapi, coba olah dengan beberapa bumbu, rasanya pasti akan lebih spesial. Contohnya adalah tahu cabai garam. Resep olahan tahu oriental ini bakal menggoyang lidah Anda dan meningkatkan nafsu makan!

Resep olahan tahu ini pun sangat mudah dipraktikkan di rumah. Anda hanya perlu menggoreng tahu dalam ukuran kubus kecil. Kemudian, campurkan tahu yang sudah digoreng dengan bumbu yang disangrai, yaitu cabai merah, bawang putih, daun bawang, seperti minyak wijen. Aduk sampai rata dan tahu cabai garam pun siap disajikan. 

Tahu Kukus Daging 

Resep olahan tahu yang satu ini bisa jadi camilan sore ataupun teman lauk makan siang Anda. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan tahu sutra sebagai bahan utama. Lalu sebagai isiannya, Anda bisa menambahkan daging sapi gilir, telur, wortel, dan brokoli. Bumbu resep olahan tahu ini pun terbilang sederhana, yaitu bawang putih, bawang bombay, daun seledri, gula, garam, dan lada putih. 

Anda hanya perlu menghaluskan semua bahan dengan chopper ataupun blender. Kemudian, cetak dan bungkus dengan aluminium foil. Langkah selanjutnya, Anda hanya tingga mengukusnya kurang lebih 30 menit sampai adonan matang. Resep olahan tahu yang sehat ini pun siap dinikmati. 

Mudah bukan membuat berbagai resep olahan tahu yang lezat? Kira-kira, resep olahan tahu yang mana dulu yang hendak Anda praktikkan di rumah?

Leave a Reply