Minyak Zaitun Mustika Ratu Bagi Rambut

Minyak Zaitun Mustika Ratu Bagi Rambut

minyak zaitun mustika ratu

Orang-orang telah menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan sebagai home remedies selama ribuan tahun. Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk menambah kelembutan, tekstur, dan kilau rambut. Bukan hal yang aneh apabila akhirnya Mustika Ratu hadir dengan produk minyak zaitun untuk rambut. Beberapa orang bahkan membuat klaim bahwa minyak zaitun dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dan ketombe. Akan tetapi, penelitian yang mendukung klaim ini masih sangat terbatas. 

Banyak orang menggunakan sampo, conditioner, dan minyak zaitun Mustika Ratu sebagai bentuk perawatan rambut mereka. Meskipun para peneliti tidak menganggap bahwa minyak zaitun sebagai bahan pembersih rambut atau sampo, mereka menganggap minyak sebagai satu dari 5 agen conditioning yang membantu mengurangi gesekaan pada rambut, mengurai rambut yang kusust, dan meminimalisir kekusutan. Sebuah tinjauan studi tahun 2015 menyatakan bahwa minyak dapat memainkan peran penting dalam melindungi rambut dari kerusakan. Hal ini disebabkan karena minyak dapat meresap ke dalam rambut dan mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, yang mana akan mengurangi jumlah pembengkakan yang diderita oleh batang rambut. 

Jika rambut tidak membengkak terlalu banyak, rambut juga tidak akan menyusut terlalu berlebih, sehingga akan mengurangi stres yang diderita oleh rambut. Mengurangi stres, selanjutnya, akan membantu mengurangi kerusakan. Tinjauan yang sama juga menyatakan bahwa rambut menyerap minyak jenuh dan minyak tak jenuh tunggal lebih baik dibandingkan dengan minyak tak jenuh jamak. Minyak zaitun Mustika Ratu adalah salah satu minyak tak jenuh tunggal. Selain minyak zaitun, beberapa studi juga menyatakan bahwa minyak lain juga dapat bermanfaat ketika dioleskan ke rambut. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 menemukan bahwa mengoleskan minyak kelapa pada rambut dapat meningkatkan retensi kelembapan rambut jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak mineral. 

Sebuah studi lain dari tahun 2004 mendiskusikan efek dari beberapa minyak berbeda dalam mencegah kerusakan rambut. Meskipun penelitian tersebut tidak memeriksa minyak zaitun secara spesifik, penelitian menyatakan mengoleskan minyak kelapa ke rambut dapat menghindari terjadinya kerusakan pada protein rambut. Peneliti menemukan minyak kelapa dapat mengurangi hilangnya protein di rambut yang rusak dan tidak rusak. Sementara itu, minyak mineral dan minyak bunga matahari tidak memiliki efek yang sama. Mereka memeriksa manfaat minyak kelapa ketika menggunakannya sebelum dan setelah mencuci rambut. Mengingat studi tersebut tidak melihat efek minyak zaitun dalam mencegah kerusakan rambut, tidak dapat diketahui secara pasti apakah minyak zaitun juga dapat mencegah kerusakan pada rambut dan seberapa efektifkah perawatan rambut menggunakan minyak jenis ini. 

Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun Mustika Ratu sebagai bagian dari rutinitas perawatan rambut, cobalah beberapa metode di bawah ini. 

  • Gunakan sedikit minyak zaitun, terutama apabila Anda mengoleskannya pertama kali ke rambut
  • Oleskan minyak pada daerah yang kering di rambut dan kulit kepala, yang mana akan bervariasi dari satu orang ke orang lainnya
  • Tutup rambut menggunakan shower cap dan biarkan minyak meresap ke dalam batang rambut selama kurang lebih 15 menit
  • Keramas dan bersihkan minyak menggunakan air yang hangat
  • Gunakan sampo, dan ulangi hal ini hingga rambut benar-benar bersih dan tidak terasa berminyak

Tidak semua jenis rambut bisa mendapatkan manfaat dari minyak zaitun Mustika Ratu sebagia conditioner utama. Rambut yang kering dan kasar mungkin akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan rambut yang tipis dan kering. Orang-orang dengan rambut halus dan berminyak bahkan bisa merasakan penggunaan minyak zaitun pada rambut malah membuat rambut terasa berminyak dan lebih berat. 

Leave a Reply