Manfaat dan Kegunaan Procold Flu yang Perlu Anda Tahu

Manfaat dan Kegunaan Procold Flu yang Perlu Anda Tahu

Procold Flu merupakan salah satu obat flu andalan banyak orang yang bisa didapatkan dengan mudah baik di warung maupun di apotek tanpa perlu resep dokter. Di tengah musim pancaroba seperti sekarang ini, tubuh memang menjadi lebih rawan sakit. Sebagai langkah darurat, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan bebas seperti Procold Flu yang memiliki tiga kombinasi kandungan sekaligus, yaitu paracetamol, pseudoephedrine dan chlorpheniramine maleate (CTM). Kandungan bahan ini ampuh untuk mengurangi gejala flu seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Meskipun termasuk obat bebas, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun, dosisnya adalah 3 – 4 kali sehari sebanyak 1 – 2 tablet. Sedangkan untuk anak usia 6 – 12 tahun cukup ½ tablet.

Procold Flu kaplet adalah obat untuk mengatasi gejala flu seperti demam, bersin, hidung tersumbat

Manfaat Procold Flu

Procold Flu biasanya digunakan untuk mengobati gejala influenza seperti:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat 
  • Bersin-bersin

Penggunaan obat ini harus berhati-hati khususnya pada ibu hamil dan menyusui. Pasien dengan riwayat penyakit diabetes mellitus, penyakit jantung, hipertensi berat dan hipersensitif juga disarankan untuk menghindari penggunaan Procold Flu.

Kandungan dan Cara Kerja Procold Flu

Cara kerja Procold Flu dipengaruhi oleh bahan aktif yang ada di dalamnya, antara lain:

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat yang digunakan sebagai analgesik atau pereda nyeri dan antipiretik atau penurun demam. Bahan yang dikenal juga dengan nama acetaminophen ini bisa diperoleh dengan bebas tanpa perlu resep dokter. Walaupun memiliki efek anti inflamasi, Paracetamol tidak termasuk NSAID karena efeknya tidak signifikan.

2. Pseudoephedrine

Procold Flu juga memiliki kandungan Pseudoephedrine yang biasa digunakan sebagai nasal dekongestan, stimulant dan juga sebagai wakefulness promoting agent. Kandungan Pseudoephedrine yang ada dalam obat ini masuk dalam jenis simpatomimetik dari kelas phenethylamine. 

3. Chlorpheniramine Maleate (CTM)

Chlorpheniramine Maleate (CTM) merupakan jenis obat yang masuk dalam golongan alkil amina antihistamin generasi pertama. Obat jenis ini biasa digunakan untuk mengobati gejala alergi seperti urtikaria dan rhinitis. CTM mempunyai efek sedatif yang lebih rendah jika dibandingkan dengan antihistamin generasi pertama lainnya.

Perhatian

Procold Flu memang termasuk obat yang bisa didapatkan secara bebas tanpa perlu resep dokter. Meskipun demikian penggunaan obat ini harus tetap sesuai dengan dosis dan aturan minum yang telah ditentukan. Penggunaan obat jenis ini harus memperhatikan beberapa hal penting berikut :

  • Hindari penggunaan obat ini jika memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan yang ada dalam obat tersebut, memiliki kepekaan terhadap zat simpatomimetik, sedang menggunakan obat golongan monoamine oksidase (MAO) inhibitors serta memiliki riwayat sakit jantung dan darah tinggi.
  • Hindari penggunaan Procold Flu secara bersamaan dengan obat lain yang bisa menyebabkan interaksi antara lain seperti metoclopramide, carbamazepine, kolestiramin, antikoagulan warfarin dan juga obat-obatan jenis monoamine oksidase inhibitors.
  • Hentikan pemakaian jika menimbulkan reaksi alergi setelah penggunaan seperti gatal, ruam, demam, sakit tenggorokan, dan tanda-tanda alergi lainnya.
  • Hati-hati penggunaan terhadap pasien dengan riwayat penyakit asma.
  • Penggunaan untuk ibu hamil dan menyusui  harus dengan konsultasi dokter.
  • Hindari penggunaan pada pengguna alkohol karena bisa memicu kerusakan hati.
  • Konsumsi obat ini bisa menyebabkan kantuk.

Di musim pancaroba seperti sekarang ini, tubuh lebih rawan terkena gejala influenza. Procold Flu bisa menjadi alternatif obat untuk membantu mengurangi gejala influenza yang bisa didapatkan dengan mudah tanpa perlu resep dokter. Meskipun demikian, pastikan penggunaannya sesuai dengan dosis dan aturan minum yang telah ditentukan agar manfaatnya maksimal dan tidak menimbulkan efek samping untuk kesehatan.

Leave a Reply