Manfaat Blackmores Omega Daily untuk Ibu Hamil

Manfaat Blackmores Omega Daily untuk Ibu Hamil

Omega-3 merupakan salah satu nutrisi penting untuk ibu hamil. Kamu bisa mendapatkannya dari makanan ataupun suplemen seperti Blackmores Omega Daily.

Nutrisi ini tidak hanya penting untuk kesehatan ibu, tapi juga perkembangan otak dan organ janin selama di kandungan lho.

Lalu seberapa banyak sih ibu hamil membutuhkan asupan omega-3, dan apa saja manfaat yang bisa didapatkannya? Ungkap jawabannya pada ulasan di bawah ini!

Kenapa omega-3 penting untuk ibu hamil?

Asupan omega-3 selama kehamilan penting demi menjaga keseimbangan produksi zat mirip hormon yang bernama prostaglandin.

Prostaglandin ini membantu mengatur banyak fungsi fisiologis. Mulai dari tekanan darah,  pembekuan darah, transmisi saraf, respon inflamasi dan alergi. Lalu fungsi ginjal dan saluran pencernaan, hingga produksi hormon lainnya.

Ketidakseimbangan prostaglandin ini dapat menyebabkan penyakit. Selain untuk kesehatan ibu, omega-3 juga memegang peranan penting bagi perkembangan janin.

Omega-3 telah diketahui memegang peranan yang sangat penting untuk perkembangan neurologis dan visual awal bayi. 

Manfaat omega-3 untuk ibu hamil

Melansir American Pregnancy, penelitian menemukan bahwa ada dua jenis omega-3 yang paling bermanfaat yakni EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). 

Kedua jenis asam lemak ini memiliki manfaat yang unik dan berbeda. Meskipun keduanya secara alami terjadi bersama dan bekerja sama di dalam tubuh.

EPA memegang peranan penting untuk jantung, sistem kekebalan tubuh, dan respon inflamasi. Sementara DHA penting untuk perkembangan otak, mata, dan sistem saraf pusat.

Inilah sebabnya DHA sangat penting bagi wanita hamil dan menyusui. Berikut beberapa manfaat penting lainnya:

  • Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi EPA dan DHA saat kehamilan memiliki efek positif pada perkembangan visual dan kognitif bayi
  • Mengonsumsi cukup omega-3 bisa menurunkan risiko alergi pada bayi
  • Peningkatan asupan EPA dan DHA mampu mencegah persalinan prematur
  • Menurunkan risiko preeklamsia
  • Meningkatkan berat badan lahir
  • Mencegah ibu depresi pasca melahirkan.

Kapan ibu hamil membutuhkan suplemen omega-3?

Tubuh tidak bisa memproduksi asam lemak omega-3 sendiri, maka dari itu kamu harus memenuhinya dari apa yang kamu makan.

Selain itu, ibu hamil bisa juga memastikan asupan omega-3 tercukupi dengan mengonsumsi suplemen khusus seperti Blackmores Omega Daily.

Suplemen omega-3 ini penting untuk ibu hamil dengan kondisi:

  • Asupan makanan omega-3 rendah. Bisa karena rendahnya konsumsi ikan, makanan laut, dan rendahnya konsumsi sumber nabati yang mengandung omega-3
  • Memiliki risiko tinggi mengalami kelahiran prematur atau pembatasan pertumbuhan intrauterin yang parah. Bisa karena riwayat persalinan prematur, tanda-tanda persalinan dini, dan stres 
  • Kehadiran faktor risiko tertentu.

Ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah kamu membutuhkan asupan suplemen omega-3 tambahan. Apalagi kalau kamu sudah mengonsumsi suplemen lain, seperti Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold.

Berapa dosis suplemen omega-3 untuk ibu hamil?

Karena omega-3 khususnya DHA sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan mata bayi, sebagian besar ahli merekomendasikan agar ibu hamil mendapatkan asupan omega-3 yang cukup.

Orang dewasa usia 15-115 tahun membutuhkan 500 mg EPA+DHA (dengan minimal 220 mg EPA dan 220 mg DHA). Sementara saat hamil, wanita membutuhkan tambahan 200 hingga 300 mg DHA per harinya.

Blackmores Omega Daily mengandung 207,2 mg DHA dan juga 310,8 mg EPA. Ini membuat suplemen tersebut cocok untuk memastikan kebutuhan omega-3 ibu hamil tercukupi.

Leave a Reply