Ketahui Manfaat Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Ketahui Manfaat Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan merupakan cara akurat yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah kesehatan didalam tubuh. Banyak yang melakukan hal ini saat tubuh sudah mengalami keluhan atau penyakit tertentu. Nyatanya, pemeriksaan kesehatan juga dianjurkan untuk dilakukan saat tubuh sedang tidak mengalami keluhan apapun. Tak lain dan tak bukan tujuannya adalah untuk terus mengetahui kondisi kesehatan secara rinci sehingga dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengatasi penyakit. Diluar itu, terdapat juga beberapa manfaat yang akan tubuh dapat jika rutin memeriksakan kesehatan. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini:

  • Mendeteksi penyakit kronis

Ada banyak penyakit yang kondisinya dapat semakin parah, kronis, bahkan bisa mengancam jiwa jika semakin lama dibiarkan dan terlambat diketahui. Beberapa diantaranya adalah penyakit kanker, jantung, gangguan saraf, dan berbagai penyakit lainnya. Jika pemeriksaan kesehatan secara rutin dilakukan dengan tepat, penyakit akan mudah dideteksi sekecil apapun sehingga lebih minim resikonya untuk menjadi semakin kronis. 

  • Memperbaiki pengobatan

Jika pada pemeriksaan awal pasien mendapatkan hasil yang kurang baik atau kurang signifikan, pemeriksaan kesehatan secara rutin bisa jadi salah satu cara untuk memperbaiki atau meningkatkan pengobatan sebelumnya sehingga penyembuhan bisa lebih baik dan lebih efektif.

  • Meminimalisir resiko terkena komplikasi

Manfaat lain yang bisa tubuh Anda dapat adalah meminimalisir resiko terkena komplikasi. Poin satu ini bisa dikatakan hampir sama dengan poin sebelumnya. Ketika tubuh mengalami hasil yang kurang baik pada pemeriksaan awal kesehatan, Anda bisa mendapat arahan serta langkah yang lebih tepat dimasa depan sehingga resiko keparahan hingga terkena komplikasi dari suatu penyakit dapat lebih diminimalisir.

  • Kesehatan yang jauh lebih baik

Memeriksakan kesehatan secara rutin jelas dapat meningkatkan kesehatan menjadi lebih baik. Tubuh secara tidak langsung mendapat arahan mengenai perubahan gaya hidup yang harus dilakukan. Mulai dari asupan, daftar obat-obatan yang baik untuk digunakan, bahkan hingga vitamin dan suplemen yang seharusnya dikonsumsi untuk terus menunjang kesehatan. 

Penggabungan beberapa hal ini jelas akan meningkatkan kesehatan pasien menjadi jauh lebih baik dengan sebelumnya. 

  • Pengurangan biaya kesehatan

Semakin parah suatu penyakit, semakin besar juga kemungkinan harga pengobatannya untuk jadi lebih mahal. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin membuat penyakit lebih cepat terdeteksi dan pengobatannya dapat dilakukan dengan lebih cepat pula sehingga mampu meminimalisir terjadinya keparahan pada suatu penyakit. Akibat hal ini, biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk mengobati penyakit parah akibat terlambat ditangani dapat diminimalisir.

  • Menjalin hubungan yang baik dengan dokter atau tim medis

Melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin membuat Anda dapat menjalin hubungan yang lebih baik dan bersahabatan dengan dokter atau tim medis akibat sering mengunjunginya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini juga dapat membangun rasa percaya diri antara dokter, tim medis, beserta pasien sehingga terjalin hubungan yang lebih baik. 

Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan Anda dan keluarga, Anda bisa melakukannya di Prodia Sorong yang berlokasi di Jalan Jend Ahmad Yani no.8 Vini Vidi Vici no.7-8 Sorong. Tak hanya menyediakan layanan Medical check up (MCU), terdapat juga berbagai layanan  lainnya seperti tes kehamilan, tes HIV, tes alergi, serta tes Covid-19 yang ditawarkan di Laboratorium Klinik Prodia Sorong ini. Segera lakukan pemeriksaan kesehatan Anda dan keluarga dengan mendatangi langsung Prodia pada jam operasional pada hari Senin – Jumat: 07.00 – 18.00, dan Sabtu: 07.00 – 14.00.

Leave a Reply