Gusi Bengkak, Sebabkan Nyeri? Gunakan Obat Grafadon

Gusi Bengkak, Sebabkan Nyeri? Gunakan Obat Grafadon

obat grafadon

Obat Grafadon merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi nyeri pada saat gusi bengkak. Gusi terbuat dari jaringan keras berwarna merah muda yang menutupi tulang rahang. Jaringan ini cukup tebal, berserat, dan penuh dengan pembuluh darah. Jika gusi menjadi bengkak, mungkin akan menyebabkannya menonjol keluar. 

Pembengkakan pada gusi biasanya dimulai ketika gusi bertemu dengan gigi. Namun, gusi Anda mungkin menjadi sangat bengkak sehingga mulai menyembunyikan bagian-bagian gigi. Gusi yang bengkak tampak merah, bukan warna merah muda normalnya.

Penyebab gusi bengkak

1. Radang gusi

Gingivitis adalah penyebab paling umum dari gusi bengkak. Radang gusi atau gingivitis adalah penyakit yang menyebabkan gusi iritasi dan bengkak. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka menderita gingivitis karena gejalanya bisa sangat ringan. Namun, jika tidak diobati, gingivitis pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi yang jauh lebih serius atau disebut periodontitis dan kemungkinan kehilangan gigi.

Gingivitis paling disebabkan akibat kebersihan mulut yang buruk. Kondisi ini memungkinkan plak menumpuk pada garis gusi dan gigi. Plak adalah lapisan yang terdiri dari bakteri dan partikel makanan yang menempel pada gigi dari waktu ke waktu. Jika plak tetap melekat pada gigi selama lebih dari beberapa hari, keadaan tersebut bisa menjadi karang gigi.

Tartar

Tartar adalah plak yang mengeras. Anda tidak dapat menghapusnya dengan flossing dan menyikat gigi saja. Inilah saatnya Anda perlu menemui seorang profesional gigi. Penumpukan karang gigi dapat menyebabkan gingivitis.

Malnutrisi

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C, dapat menyebabkan gusi bengkak. Vitamin C, misalnya, memainkan peran penting dalam pemeliharaan dan perbaikan gigi dan gusi. Jika kadar vitamin C turun dan terlalu rendah, Anda bisa terkena penyakit yang menyebabkan anemia dan penyakit gusi.

Infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh jamur dan virus berpotensi menyebabkan gusi bengkak. Jika Anda menderita herpes, hal ini bisa menyebabkan kondisi yang disebut gingivostomatitis herpes akut, yang menyebabkan gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak

Anda bisa mengobati gusi bengkak dengan cara sikat dan floss secara teratur, terutama setelah makan. Kunjungi dokter gigi setidaknya sekali setiap enam bulan untuk pembersihan. Jika Anda memiliki mulut kering, hal ini dapat meningkatkan risiko penumpukan plak dan karang gigi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat kumur dan pasta gigi yang dapat membantu kondisi ini.

Selain itu, gusi bengkak bisa menyebabkan nyeri dan demam. Anda dapat mengobatinya dengan mengonsumsi obat obat Grafadon. Grafadon merupakan obat yang berkhasiat untuk menurunkan demam serta meringankan nyeri ringan hingga sedang pada tubuh. Grafadon mengandung parasetamol yang merupakan zat analgesik sekaligus antipiretik yang telah lama dipercaya untuk meredakan nyeri tubuh.

Grafadon aman dikonsumsi ibu hamil dengan mengikuti anjuran penggunaan yang diberikan oleh dokter. Selain  itu, obat Grafadon memiliki kandungan parasetamol 500 mg. Anda dapat mengonsumsinya dengan takaran untuk orang dewasa 1 hingga 2 tablet sebanyak 3 kali/hari dan anak-anak usia 6-12 tahun, 1/2 hingga 1 tablet sebanyak 3 kali/hari.

Obat Grafadon sebaiknya dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Simpan obat Grafadon pada tempat sejuk dan kering, serta terlindung dari sinar matahari langsung. Akan tetapi, obat Grafadon tidak bisa menggantikan asupan nutrisi utuh dari makanan sehat dan tidak disarankan untuk anak-anak di bawah 6 tahun. Obat Grafadon sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien dengan gangguan fungsi hati yang berat dan penderita hipersensitif terhadap parasetamol.

Leave a Reply