Cendo Carpine 1% Tetes Mata: Indikasi, Dosis, dan Efek Samping

Cendo Carpine 1% Tetes Mata: Indikasi, Dosis, dan Efek Samping

Obat tetes mata Cendo Carpine merupakan obat mata yang dikhususkan untuk mengatasi gangguan penglihatan akibat kerusakan saraf yang disebabkan oleh tekanan berlebih pada bola mata. 

Simak artikel berikut untuk mengetahui informasi terkait obat mata Cendo Carpine beserta cara menggunakannya. 

Deskripsi obat

Setiap tetes (5 ml) Cendo Carpine 1% memiliki kandungan pilocarpine HCl 1%. Pilocarpine Hidroklorida adalah kolinergik yang bekerja dengan cara merangsang sistem parasimpatik. Pilocarpine termasuk agen kolinergik kerja langsung yang mengikat dan mengaktifkan reseptor secara langsung. 

Khasiat dan kegunaan

Pilocarpine Hidroklorida memiliki kegunaan yang beragam tergantung pada bentuk sediaannya. Pilocarpine yang tersedia dalam tetes mata (optalmik), seperti Cendo Carpine berkhasiat untuk mengatasi gangguan penglihatan akibat kerusakan saraf karena tekanan berlebih pada bola mata. 

Baik pasien glaukoma ataupun hipertensi okular bisa menggunakan Cendo Carpine. Ada beberapa jenis glaukoma, namun obat tetes mata pilocarpine paling sering digunakan untuk galukoma sudut tertutup akut (AACG). Jenis glaukoma ini terjadi ketika tekanan di dalam mata meningkat dengan sangat cepat. 

Hal yang harus diperhatikan

Cendo Carpine termasuk obat keras yang berarti pembelian dan penggunaannya harus sesuai anjuran dokter. Sebelum menggunakan Cendo Carpine, konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi kesehatan Anda termasuk:

  • Masalah jantung, termasuk tekanan darah rendah atau tinggi
  • Asma
  • Epilepsi
  • Penyakit Parkinson
  • Gangguan pencernaan, seperti maag
  • Memiliki kelenjar tiroid yang terlalu aktif
  • Mengalami kesulitan buang air kecil
  • Sedang mengonsumsi atau menggunakan obat lain, termasuk obat resep, obat bebas (OTC), suplemen, atau herbal
  • Memiliki reaksi alergi terhadap suatu obat
  • Memiliki riwayat masalah mata, seperti terlepasnya retina mata, iritasi, dan uveitis

Bagi seseorang yang hipersensitif terhadap Pilocarpine Hcl tidak dianjurkan untuk menggunakan Cendo Carpine. 

Penelitian pada hewan hamil menunjukkan terdapat efek samping pada janin, sedangkan belum ada penelitian pada wanita hamil dan menyusui. Beritahukan juga kepada dokter jika Anda berencana hamil, merupakan wanita hamil, dan ibu menyusui.

Dosis dan aturan pakai

Untuk mengelola gejala glaukoma, teteskan Cendo Carpine ke mata yang sakit 2 tetes sebanyak 3 kali sehari. Berikut cara menggunakan obat tetes mata Cendo Carpine:

  1. Cuci tangan hingga bersih lalu keringkan sebelum menggunakan tetes mata
  2. Lepaskan tutup obat
  3. Miringkan kepala sedikit ke belakang dan tarik kelopak mata bawah ke bawah dengan jari telunjuk
  4. Pegang botol secara terbalik di atas mata Anda. Jangan sampai ujung botol menyentuh lensa mata agar obat tidak terkontaminasi
  5. Tekan botol sebanyak dua kali dan biarkan cairan masuk ke mata
  6. Tutup mata selama 1-2 menit dan tekan dengan lembut di sisi hidung tempat sudut mata bertemu dengan hidung. Cara ini membantu menghentikan tetesan agar tidak mengering dan tersimpan di mata. 
  7. Pasang kembali tutup botol, tutup rapat, dan simpan di suhu ruangan (antara 25-30 ÂșC) dan terlindung dari cahaya

Jika Anda menggunakan lensa kontak, lepas lensa kontak terlebih dahulu sebelum menggunakan obat. Anda bisa memasang kontak lensa kembali 10 menit setelah meneteskan Cendo Carpine. 

Jika Anda diresepkan obat mata lain oleh dokter, tunggu 5 menit sebelum menggunakan obat mata lain yang diresepkan. 

Efek samping

Pilocarpine dapat menurunkan ketajaman penglihatan di malam hari atau cahaya redup. Hindari mengemudi atau melakukan aktivitas berbahaya jika Anda merasakan efek samping tersebut.

Catatan

Hanya gunakan Cendo Carpine jika dokter meresepkannya untuk Anda. Jika terdapat efek samping, konsultasikan dengan dokter sebelum menghentikan penggunaan obat seutuhnya.

Leave a Reply