Bantu Tubuh Lawan Corona, Perhatikan Konsumsi Makanan Pasien Covid-19

Bantu Tubuh Lawan Corona, Perhatikan Konsumsi Makanan Pasien Covid-19

Sejak kedatangannya ke Indonesia Maret 2020 silam, Indonesia masih berjuang untuk bisa lepas dari pandemi. Kondisi ini semakin dipersulit karena belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan Covid-19. Yang selama ini bisa dilakukan adalah memperhatikan asupan makanan pasien Covid-19 serta terapi yang dilakukan dengan beberapa obat-obatan.

Untuk memperbaiki dan menjaga kekebalan imun pada tubuh, makanan memiliki peranan yang vital untuk pasien Covid-19, baik yang sedang melaksanakan isolasi mandiri di kediaman masing-masing ataupun di rumah sakit. Untuk itu, nggak ada salahnya mempersiapkan diri dengan memperhatikan konsumsi makanan pasien Covid-19 agar bisa terjaga dari Coronavirus.

Vitamin D

Kebutuhan Vitamin D semakin disorot semenjak pandemi. Sehingga banyak orang yang kemudian memasukkan kegiatan berjemur di pagi hari agar bisa mendapatkan asupan Vitamin D melalui sinar matahari.

Tapi, bukan hanya matahari pagi yang dapat memenuhi kebutuhan Vitamin D, lho. Masih ada beberapa jenis makanan pasien Covid-19 yang kaya akan Vitamin D seperti ikan salmon, daging merah, dan kuning telur.

Asupan untuk Hidrasi

Beberapa gejala Covid-19 dapat menimbulkan dehidrasi. Sehingga, penting untuk penderitanya memastikan bahwa asupan hidrasi yang dibutuhkan tubuh tercukupi. Selain air putih, mengonsumsi teh dengan campuran madu juga bisa jadi pilihan, apalagi jika memiliki gejala batuk.

Selain itu, buah-buahan yang kaya air seperti semangka, minuman elektrolit, hingga jus buah pun bisa dikonsumsi untuk pasien Covid-19.

Makanan Kaya Zinc

Ketiga, semasa menderita Covid-19 tubuh juga sangat membutuhkan Zinc untuk membantu proses pemulihan. Selain dari obat-obatan atau vitamin, konsumsi Zinc alami dari bahan makanan untuk pasien Covid-19 juga sangat dianjurkan.

Anda bisa mencoba mengonsumsi kacang mete atau yogurt sebagai camilan ringan dan menambahnya dengan asupan daging ayam atau seafood. Jenis-jenis makanan tersebut dikenal kaya akan zinc. Jika dimasak sendiri tentu akan jadi lebih sehat karena kamu bisa menakar bumbu apa saja yang akan ditambahkan.

Kebutuhan Kalori dalam Tubuh

Agar bisa memiliki tenaga untuk pulih, tubuh membutuhkan energi agar organ-organ di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal. Namun, jika nasi dirasa terlalu berat untuk memenuhi kebutuhan kalori, kamu bisa menggantinya sup ayam yang ditambahkan jahe (jika mengalami mual-mual).

Sebagai pendamping makanan berat, pastikan kamu juga mendapatkan asupan fiber dari sayuran maupun buah-buahan baik yang dikonsumsi langsung atau dibuat jus. WHO sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi minimal 400 gram buah dan sayuran tiap harinya.

Perkaya Protein dalam Makanan Pasien Covid-19

Asupan protein juga umumnya dikenal sangat dibutuhkan bagi pasien Covid-19. Terutama karena protein memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak karena diserang oleh virus Corona.

Perkaya makanan pasien Covid-19 dengan bahan-bahan yang sarat protein seperti ikan, pisang, dan kacang-kacangan untuk mengganti nutrisi yang hilang. Berbagai bahan makanan yang mengandung protein ini juga bisa jadi sumber asam lemak omega 3 untuk meningkatkan metabolisme dan membenahi kesehatan usus.

Vitamin C

Beberapa waktu lalu tentu banyak kabar bahwa untuk menjaga diri dari Covid-19 diperlukan asupan Vitamin C yang cukup. Namun, dengan banyaknya beredar kabar yang kurang pasti, ada beberapa anjuran yang justru berbahaya karena kelewat batas. Vitamin C adalah salah satunya.

Konsumsi Vitamin C dalam makanan pasien Covid-19 memang penting tapi harus disesuaikan dengan kadar normalnya, ya. Selain bisa didapat lewat suplemen, Vitamin C juga terkandung di beberapa jenis makanan seperti buah jeruk, brokoli, hingga kol mini (brussel sprouts).

Agar bisa mendapatkan anjuran makanan yang lebih sesuai untuk kebutuhan dan gejala Covid-19 masing-masing, Anda bisa berkonsultasi pada dokter via aplikasi SehatQ yang dapat diunduh di Google Play dan App Store

Leave a Reply