Apa Penyebab Keputihan Abnormal?

Apa Penyebab Keputihan Abnormal?

Apa Penyebab Keputihan Abnormal?

Keputihan yang biasa terjadi pada wanita biasanya merupakan keputihan normal yang teratur. Namun, ada pula beberapa keputihan yang dapat mengindikasi infeksi pada organ intim wanita. Keputihan yang tidak normal mungkin memiliki ciri berwarna hijau atau kuning, konsistensinya yang kental, dan terkadang berbau tidak sedap.

Apa penyebab keputihan tidak normal? Jamur atau infeksi bakteri biasanya menyebabkan keputihan yang tidak normal. Jika Anda melihat adanya cairan yang terlihat tidak seperti keputihan yang biasa dialami atau memiliki bau menyengat, segera temui dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

Namun, apa penyebab keputihan selalu berbahaya? Sebenarnya, keputihan merupakan proses alami pembersihan diri vagina. Untuk menjaga kesehatan dirinya, vagina mengeluarkan cairan putih untuk membersihkan diri dari sel-sel mati dan bakteri. Selain itu, keputihan juga berfungsi untuk menjaga pH vagina agar bakteri jahat maupun jamur tidak berkembang secara cepat.

Seperti yang kita ketahui bersama, keputihan biasanya terjadi saat menjelang menstruasi. Normalnya, keputihan akan berwarna bening atau sedikit putih, serta tidak mengeluarkan bau menyengat. Jika cairan yang keluar dari vagina berbeda dari ciri tersebut, bisa jadi ada penyebab keputihan lain yang perlu diwaspadai.

Apa Penyebab Keputihan yang Perlu Diketahui?

Keputihan dapat disebabkan oleh banyak hal, baik keputihan normal maupun abnormal. Keputihan yang normal merupakan bagian dari kondisi tubuh untuk membersihkan dan melindungi organ kewanitaan. Contohnya, normal jika keputihan meningkat saat sedang masa ovulasi maupun saat merasa gairah seksual tinggi. Olahraga, penggunaan pil KB, dan stress emosional juga dapat menjadi penyebab keputihan. Sedangkan, keputihan abnormal biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur dan bakteri. Berikut beberapa penyebab keputihan.

  1. Siklus menstruasi yang normal pada wanita

Apa penyebab keputihan? Keputihan dapat menjadi tanda wanita sedang memasuki siklus menstruasi. Dalam kondisi normal, vagina memproduksi keputihan yang berguna untuk menyingkirkan berbagai bakteri, virus, dan kuman yang berbahaya bagi vagina. 

Ketika selama siklus menstruasi—di mana siklus dapat berlangsung selama 28-32 hari, konsistensi dan warna cairan keputihan dapat sangat berbeda. Namun, ini adalah hal yang normal terjadi. 

Pada awal siklus menstruasi misalnya, keputihan akan cenderung berwarna kecokelatan karena bercampur dengan darah. Sedangkan pada masa ovulasi, konsistensi keputihan menjadi lebih cair dan bening.

  1. Vaginosis bakteri

Vaginosis bakteri adalah infeksi bakteri yang cukup umum terjadi pada wanita. Infeksi ini menyebabkan peningkatkan volume keputihan dan menyebabkan bau yang kuat, busuk, dan terkadang amis. Dalam beberapa kasus, kondisi ini tidak memiliki gejala khusus. Wanita yang melakukan oral seks atau berhubungan badan dengan banyak pasangan lebih mungkin tertular infeksi ini.

  1. Trikomoniasis

Trikomoniasis juga salah satu hal apa penyebab keputihan. Ini adalah jenis infeksi vagina lainnya yang disebabkan oleh protozoa atau organisme bersel tunggal. Infeksi ini biasanya menyebar melalui kontak seksual, tetapi juga dapat ditularkan dengan berbagi handuk atau pakaian renang yang sama.

Trikomoniasis menghasilkan cairan kuning atau hijau yang berbau busuk. Nyeri, peradangan, dan gatal-gatal juga merupakan gejala umum yang terjadi dalam penyakit ini. Dalam beberapa kasus, penderita infeksi ini tidak mengalami gejala apa pun.

  1. Human papillomavirus (HPV) atau kanker serviks

Penyebab keputihan lainnya adalah virus human papiloma yang dapat berkembang menjadi kanker serviks. Virus ini dapat menyebar melalui kontak seksual. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi virus ini biasanya akan terlihat berwarna cokelat kemerahan, bertekstur cair, dan berbau tidak sedap.

Jadi, apa penyebab keputihan selalu berbahaya? Sebenarnya, tidak semua penyebab keputihan berbahaya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain poin-poin di atas, apa penyebab keputihan juga dapat berasal dari pola hidup sehat, makanan yang masuk ke dalam tubuh, hingga cara kerja vagina yang alami.

Leave a Reply