9 Cara Ampuh Mencegah Mata Lelah

9 Cara Ampuh Mencegah Mata Lelah

Jangan langsung panik jika tiba-tiba Anda merasa penglihatan mendadak buram di salah satu mata atau keduanya. Cobalah pejamkan mata sejenak dan mengompres mata dengan waslap hangat lalu buka mata kembali, apakah penglihatan Anda membaik? Jika iya, artinya tadi Anda sedang mengalami mata lelah. 

Mata lelah sebenarnya merupakan kondisi yang umum. Kondisi ini bukan hanya bisa membuat penglihatan Anda buram, melainkan juga mata terasa perih, sakit kepala, hingga nyeri dari leher sampai punggung. Penyebab dari mata lelah sangat berhubungan dengan aktivitas Anda, khususnya yang fokus dalam melihat, seperti menulis, mengetik, membaca, sampai menyetir. 

Tentu Anda tidak ingin mengalami gejala-gejala mata lelah yang akhirnya mengganggu aktivitas dan kenyamanan Anda, bukan? Karena itu, mulai sekarang lakukan tindakan pencegahan mata lelah yuk agar penglihatan senantiasa jelas dan terbebas dari sakit kepala, leher, maupun punggung. Berikut ini adalah cara-cara yang ampuh untuk mencegah mata lelah. 

Mata lelah bisa terjadi karena menatap laptop terlalu sering

Lebih Banyak Berkedip 

Ternyata melakukan pencegahan terkait mata lelah bisa dengan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu memperbanyak frekuensi berkedip ketika mulai mengalami mata terasa kering. Berkedip secara tidak langsung akan merangsang produksi air mata sehingga kondisi kekeringan mata bisa teratasi dan mata lelah tidak perlu dialami. 

Beri Jarak dengan Layar 

Sering kali masalah mata lelah terjadi karena posisi Anda yang salah ketika menatap layar gawai, seperti laptop ataupun ponsel. Idealnya, Anda harus memberi jarak mata dengan layar antara 50—66 sentimeter. Jarak ini akan membuat mata tidak langsung tertimpa pencahayaan yang ekstrim dari depan layar, sekaligus tidak membebani mata untuk melihat karena jarak yang terlalu jauh. 

Palingkan Wajah secara Rutin 

Mata lelah sering dialami seseorang yang kerap melakukan satu aktivitas terlalu lama tanpa istirahat, mulai dari itu melihat layar komputer, membaca, ataupun mengemudi jarak jauh. Cobalah untuk mulai memalingkan wajah secara rutin dari fokus Anda tiap 20 menit mulai dari sekarang. Tidak perlu lama-lama, Anda hanya perlu mengistirahatkan penglihatan Anda selama 20 detik dengan melihat area yang jauh untuk mencegah mata lelah. 

Kurangi Aktivitas Menatap Layar 

Jika memungkinkan, mulai kurangi aktivitas menatap layar untuk menghindari gejala mata lelah. Anda bisa memulainya dengan mengurangi waktu scrolling media sosial per hari ataupun menjauhkan ponsel dari tempat tidur sebelum waktunya beristirahat. 

Pilih Pencahayaan yang Tepat 

Pencahayaan yang salah dapat menyebabkan mata lelah. Ini bisa terjadi ketika cahaya terlalu terlalu redup atau bahkan terlalu silau. Idealnya sendiri, pencahayaan harus berasal dari belakang Anda jika ingin fokus sesuatu, seperti membaca atau mengetik. 

Menyalakan Humidifier di Ruangan 

Mata lelah nyatanya juga bisa dipicu oleh kualitas udara di ruangan Anda. Ruangan berpendingin udara akan membuat kondisi udara lebih kering dan meningkatkan risiko mata lelah. Anda bisa menyiasatinya dengan menyalakan humidifier di ruangan untuk mencegah terjadinya mata lelah akibat udara kering tersebut. 

Pakai Kacamata yang Tepat 

Jika Anda memiliki kondisi yang harus memakai kacamata, pastikan ukuran kacamata Anda tepat sehingga tidak mengundang mata lelah. Ukuran kacamata yang salah akan membuat mata harus ekstra fokus untuk bisa melihat jelas dan hal inilah yang memicu mata lelah. Selain itu, penggunaan kacamata untuk aktivitas yang memerlukan fokus lama lebih direkomendasikan daripada memakai kontak lensa. Pasalnya, kontak lensa membuat mata lebih cepat kering dan lelah. 

Kompres dengan Waslap Hangat 

Mengompres area mata dengan waslap hangat bukan hanya bisa menjadi penanganan mata lelah. Cara ini juga bisa mencegah terjadinya kelelahan mata. Anda hanya perlu mengompres mata dengan waslap hangat yang sedikit basah ke area mata yang mulai terasa kering untuk meminimalkan risiko mata lelah. 

Teteskan Obat Mata 

Penggunaan obat tetes mata juga bisa menjadi cara mencegah mata lelah yang ampuh. Anda bisa menggunakannya ketika mulai merasakan kondisi mata kering akibat menatap layar terlalu lama ataupun karena berada di ruangan berpendingin udara seharian. 

Tidak sulit bukan mencegah timbulnya mata lelah? Yuk, mulai lakukan kebiasaan baik di atas untuk menghindari gejala mata lelah yang membuat tidak nyaman dan mengganggu penglihatan.

Leave a Reply