5 Tempat Jogging Track Malam Hari di Jakarta

5 Tempat Jogging Track Malam Hari di Jakarta

Tidak ada alasan untuk melewatkan olahraga. Jika Anda suka jogging tapi terlalu sibuk di pagi hari, Anda bisa memilih lari malam di jogging track Jakarta berikut ini.

Ada cukup banyak pilihan jogging track di Jakarta. Lokasinya juga tersebar, jadi Anda bisa memilih yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda.

Tempat joging track di jakarta.

Meski begitu, tidak semua area lari tersebut mendukung Anda untuk lari di malam hari. Ada beberapa jogging track yang memang pas untuk lari di malam hari.

Setidaknya ada 5 tempat jogging track di malam hari. Apa saja sih?

1. Gelora Bung Karno (GBK)

Pilihan pertama adalah Gelora Bung Karno atau GBK. Sesuai namanya, area ini adalah salah satu pusat olahraga terbesar di Jakarta.

Berolahraga di sini relatif aman karena terletak di dalam kompleks GBK. Anda juga akan menjumpai banyak orang dengan jenis olahraga yang berbeda-beda, cocok untuk menghidupkan suasana jika merasa malas berolahraga.

Nah di GBK Anda bisa memanfaatkan jogging track di dalamnya, bisa juga menggunakan trotoar di sekelilingnya.

2. Monumen Nasional (Monas)

Siapa tak kenal Monas? Landmark Jakarta ini begitu ikonik dan bisa digunakan untuk berbagai jenis kegiatan, termasuk olahraga.

Berolahraga di Monas relatif aman karena berada di dalam kompleks, jauh dari gangguan lalu lintas. Penerangan untuk olahraga malam juga cukup memadai.

Nah area dalam sekitar monumen juga dapat digunakan sebagai jogging track yang nyaman dan luas bagi Anda.

3. Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng umumnya digunakan sebagai warga Jakarta untuk berekreasi. Namun, tempat ini bisa jadi tempat olahraga yang pas di malam hari.

Taman ini luas, kebersihan terjaga, dan ada beberapa spot jogging track untuk berlari. Anda juga bisa beristirahat sambil melihat indahnya cahaya lampu di malam hari.

4. Taman Menteng

Berikutnya, Anda bisa mengunjungi Taman Menteng sebagai salah satu pilihan jogging track.

Selain memiliki jalur yang cukup panjang, Taman Menteng juga menyediakan sarana untuk berolahraga lainnya, salah satunya ialah lapangan basket dan futsal.

Taman menteng cukup sejuk dengan pepohonan dan bunga-bunga yang sedap dipandang.

5. Kawasan SCBD

SCBD dikenal pusat perkantoran atau kawasan bisnis, sesuai namanya. Namun, area ini juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga ringan seperti berlari.

Anda bisa menggunakan trotoar di sekitarnya sebagai jogging track. Sudah ada banyak orang yang memanfaatkan area ini untuk keperluan tersebut.

Tips jogging malam hari

Selain memilih jogging track yang tepat untuk malam hari, Anda juga perlu memahami beberapa panduan penting dalam melakukan olahraga lari di malam hari. Berikut beberapa di antaranya:

  • Berlari melawan arah kendaraan. Anda lebih mudah terlihat dan bisa menghindar sewaktu-waktu jika ada kecelakaan.
  • Jangan gunakan pakaian warna gelap. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian berwarna terang seperti kuning atau putih di malam hari. Bisa juga memilih jersey lari dengan fitur reflektif.
  • Jangan gunakan headphone. Berlari di malam hari dengan headphone sangat berbahaya, Anda tidak bisa mendengar bel kendaraan. Bisa saja menggunakannya, tapi dengan volume yang kecil ya.
  • Gunakan topi dan kacamata. Di malam hari Anda mungkin tidak bisa melihat objek yang mengganggu seperti ranting pohon. Kacamata akan melindungi dari serangga.
  • Usahakan berlari berkelompok. Jika Anda ingin merasa lebih aman, sebaiknya jangan berlari sendiri ya.

Nah itu dia lima spot jogging track di Jakarta dan tips berlari di malam hari. Selamat mencoba ya!

Leave a Reply